May 03, 2014

Cosmekita Launching Event

Cosmekita
Create. Beauty. Together.

Hari Minggu lalu, tepatnya tanggal 27 April, aku menghadiri acara peluncuran sebuah portal kecantikan. Namanya Cosmekita. 

Cosmekita adalah sebuah situs kecantikan yang didukung oleh Blogger, Buyer/User dan Vendor/Shop. Di Cosmekita, seorang buyer dapat terhubung dengan blogger sebagai pemberi informasi mengenai produk dan vendor sebagai penjual produk. Jadi, kamu bisa melakukan survey tentang produk apa yang sebaiknya kamu beli, mempelajari cara menggunakannya dan membeli produk tersebut di satu situs. 

Konsep yang menarik kan? Lebih detail akan aku bahas di tengah post ini ya.

Bicara tentang hal menarik, undangan juga menarik lho. Bentuknya seperti palette makeup, dan ketika dibuka ada dekorasi gambar seperti palette makeup. Dibuka lagi, baru deh isi undangan dan detail lainnya. Aku suka banget kalau mendapatkan undangan hardcopy yang didesain sedemikian rupa seperti ini, karena terasa hangat dan ramah ketimbang undangan via email.




Ketika akan memasuki balroom, setiap orang yang hadir mendapat sebuah welcoming gift, sebuah kantong kecil dengan tulisan Cosmekita dan create. beauty. together. di bagian belakang. Isi dari kantong itu adalah Anti Acne 2 in 1 Cleanser, sebuah note, pamflet, dan pen berbentuk lipstick yang sudah tidak asing dari Japan Softlens.

Acara dimulai, dibuka oleh Adam (MC) . Kemudian lanjut ke sambutan oleh Ms Karmila dan Mr Kenny Tjahjadi, founder Cosmekita.

image credit: Riyanti Teresa

Ms. Karmila, merupakan founder dari Cosmekita. Gagasan utamanya ketika membentuk Cosmekita adalah agar ada tempat sharing tentang kecantikan. Mempermudah buyer, blogger dan vendor bertemu di satu tempat.

Aku sangat suka dengan gagasan ini, karena dari sisi buyer tidak setiap informasi yang kita inginkan mengenai sebuah produk tersedia langsung di halaman-halaman awal pencarian google. Walaupun Google, misalnya, mempermudah kita untuk menelusuri internet, tapi kita membutuhkan kata kunci yang tepat. Sedangkan tidak semua orang paham bagaimanakah kata kunci yang tepat dan efektif dalam melakukan pencarian. 

Sedangkan dari sisi blogger, adanya cosmekita ini akan membuat blog kita mudah ditemukan oleh pencari informasi. Sesungguhnya, untuk membuat artikel masuk ke dalam halaman pertama pencarian google itu susah-susah gampang. Banyak hal yang dihitung oleh sebuah mesin pencari, misalnya apakah url ini aktif atau tidak, baru atau lama. Sering diupdate atau tidak, relevansi kata-kata di dalam artikel, dan banyak sebagainya. Bikin pusing. Dan tentu saja sulit bagi blogger yang baru merintis untuk dapat ditemukan di dalam mesin pencari Google. Cosmekita hadir untuk mengatasi masalah tersebut.

Image credit: Riyanti Teresa

Mr. Kenny memberikan 3 tips untuk blogger agar menarik bagi para pembaca. Di bawah ini aku selain menuliskan apa saja ketiga tips tersebut juga akan menuliskan refleksiku terhadap 3 tips tersebut. Introspeksi gitu ceritanya. Hehe.

Konsisten untuk meng-update post

Ini dia, sulit sekali ya konsisten itu. Butuh kemauan yang tinggi dan tekun. Aku pribadi, tidak terlalu sering menulis di blog. Setiap bulan rata-rata 6-9 post. Lebih kacau lagi, biasanya 5 post di antara beruntun aku post di minggu yang sama. Jadi, aku harus mempublish post dengan frekuensi yang stabil, misalnya kalau aku hanya mampu menulis 6-9 post perbulan, maka setiap minggu aku akan menulis 2 post, dengan stabil.

Tips sisipan, menurut Mr. Kenny, daripada kita update status di Facebook dan berlalu begitu saja, lebih baik tuangkan ide dan pikiran di dalam blog. Tapi kan tema blogku tentang kecantikan... Nah, hal ini akan aku bahas di tips ketiga.

Url blog 

Lebih baik menggunakan urlblog.com ketimbang urlblog.blogspot.com selain lebih ringkas juga terlihat lebih memang. Aku sudah berencana sejak awal tahun ini untuk menggunakan url .com tanpa .blogspot.com. Tapi belum aku urus. Murah lho, aku lihat yang paling murah sekitar 95ribu/tahun. 

Lengkapi halaman "About Me"

Nah, ini dia bagian yang paling menohok aku. Karena, awal aku membuat blog ini aku tidak ingin menunjuk sisi personalku terlalu banyak. Misalnya apa hobiku, apa yang biasanya aku kerjakan di saat senggang, kesukaan dan lain-lain. Tapi akhir-akhir ini aku mulai merasa blog aku terasa dingin dan hambar. Aku memang menyertakan informasi-informasi penting mengenai produk di dalam setiap reviewku. Tapi itu tidak cukup untuk membuat pembaca merasa dekat dengan penulis blog. Jadi, mulai sekarang aku akan belajar untuk mencoba menuangkan juga hal-hal personal di dalam blog. 

Tentang update status Facebook lebih baik dituangkan ke dalam blog, juga berhubungan dengan tips ini. Selain membuat blogmu update terus, cara ini juga akan mendekatkanmu dengan pembaca. Karena pembaca blog akan sangat senang jika mereka tahu bahwa mereka dan penulis memiliki kesamaan.

Selain share tentang ketiga tips di atas, Mr. Kenny juga menjelaskan tentang apa itu cosmekita dan manfaatnya bagi buyer/user, blogger dan vendor. Melalui video-video yang telah disiapkan, bisa dipahami bahwa Cosmekita adalah tempat sharing mengenai kosmetik. Bagi para user, cosmekita dapat membantu mereka untuk mengetahui produk kecantikan apa saja yang ada, membandingkan produk-produk kecantikan dan cara menggunakan produk-produk kecantikan tersebut.

Untuk Shop, cosmekita bisa membantu meningkatkan penjualanan dengan memasang link langsung ke online shop, dan membuat promosi serta event bersama Cosmekita.

Untuk vendor, cosmekita dapat menjadi tempat bagi mereka untuk melihat tanggapan langsung mengenai produk mereka, mengamati trend yang ada, berinteraksi dengan user dan blogger, menjadi arena peluncuran produk baru dan memberi panduan kepada para blogger mengenai produk tersebut.

Sedangkan untuk blogger, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cosmekita bisa menjadi tempat interaksi antara blogger dengan pembaca, dan meningkatkan jumlah pengunjung ke blog kita.

Diagram di bawah ini akan menjelaskan secara ringkas mengenai proses yang terjadi antara User/Buyer, Blogger dan Vendor.




Dari tadi kita membicarakan konsep dari Cosmekita terus ya. Websitenya sendiri bagaimana nih? Hehe... Sekarang aku akan mulai membahas tentang web dari Cosmekita. Asyiknya cosmekita, dia punya 2 tampilan, satu untuk pc browser (tampilan yang akan muncul ketika kita akses Cosmekita melalui pc) dan mobile browser (tampilan yang muncul ketika kita mengakses Cosmekita melalui mobile gadget). Kenapa hal itu menjadi penting? Karena kebanyakan dari remaja perempuan sekarang, gemar mengakses dan mencari informasi melalui telfon genggam mereka. Jadi, tampilan khusus untuk mobile browser sangat penting karena akan memudahkan user.

Gambar yang aku tampilkan di sini adalah web Cosmekita versi mobile ya. Bedanya paling mencolok ada pada bagian menu.


Gambar di atas menampilkan halaman utama dari Cosmekita. Kamu bisa login atau pun registrasi di halaman ini dengan mengklik regiter/login pada bagian atas.


Kemudian kamu akan diminta mengisi beberapa data. Isi semua data sampai selesai dan kamu akan menjadi salah satu user Cosmekita.



Setiap bulan, Cosmekita akan menampilkan satu orang blogger lho. Cari tahu tentsng featured blogger Cosmekita dan kenal dengan mereka lebih dekat.



Nah, itu lho yang aku maksud menu untuk mobile browser.


Temukan beauty blogger. Kamu bisa lihat beauty blogger berdasarkan ranking Cosmekita, alphabet nama mereka dan area mereka. Jadi kamu bisa tahu deh blogger mana yang satu area dengan kamu, jadi lebih gampang kalau mau tanya suatu produk bisa dibeli di mana. Feature ini paling aku suka, karena di sini tidak nya blogger yang sudah tinggi pageviewsnya saja yang bisa masuk ke ranking satu. Blogger yang rajin berinteraksi dan meng-update blognya walau masih baru juga bisa masuk ke ranking satu.

Okeee, balik lagi ke acara peluncuran website Cosmekita :D


Selanjutnya adalah demo alis oleh Olga Agradia. Tahu dong ya siapa Olga Agradia. Kalau kamu sering "nongkrong" di hash tag tentang makeup, eye makeup, pasti ketemu sama Olga. Make upnya dia bagus-bagus, rapi. Terutama alisnya, bagus banget deh. 

Kali ini, Olga sharing bagaimana caranya untuk mendapatkan alis, yang walau tak sama setidaknya mirip, kanan dan kiri yang seimbang. Caranya adalah dengan menentukan 3 titik penting dengan bantuan cuping hidung dalam kita. Titik awal lurus dengan cuping dalam hidung. Titik kedua yang merupakan bagian paling tinggi dari alis, diukur dengan menarik garis lurus dari cuping hidung dalam ke setengah bagian mata. Sedangkan titik ketiga diukur dari cuping hidung dalam ke bagian luar sudut mata. 

Satu tips lagi, agar hasil filling alis terlihat natural, buatlah gradasi warna pada bagian ujung dalam alis. 



Make over time! Kali ini, giliran 2 orang stylist dari Yamano beauty school memberikan demo tentang hair do dan makeup. Mereka adalah Yamano Mitsu dan Yazawa Soiichi. Modelnya adalah Karina dan Rini. Karena banyak sekali perempuan di Jakarta yang berambut panjang, jadi kali ini mereka akan menunjukkan hair up do yang simple tapi terlihat manis. Model hair up do ini diterapkan pada rambut Karina sedangkan rambut rini mendapatkan half up do yang fuwa fuwa (fluffy). Model rambut yang fluffy ini sedang menjadi trend di jepang, terutama yang membuat rambut membentuk A line. Rambut yang fluffy ini terlihat tebal, dan pastinya kawaii. 

image credit: Riyanti Teresa

Image credit: Riyanti Teresa



Rambut Rini yang fuwa-fuwa bagus banget. Aku ingin coba model rambut seperti itu, tapi rambutku berat, jadi sepertinya tidak akan terlalu fuwa-fuwa. Hehe.





Selain rambut fuwa-fuwa, di Jepang jua sedang trend aksesoris yang terbuat dari 98% emas. Wow. Namanya Aurum. Aksesoris ini bukan perhiasan yang bisa di pakai lepas semau kita. Lebih mirip seperti temporary tattoo. Terbuat dari emas yang filamennya sangat tipis, ditempelkan kebagian tubuh yang kita inginkan. Aurum ini bisa tahan sekitar seminggu.

Setelah pulang ke rumah, aku baru sadar kalau aku tidak banyak memotret, bahkan foto diri sendiri  pun tidak ada. Untungnya aku sempat berfoto bersama Iva dan Yazawa san. Hehe. Yazawa san sangat ramah, selalu tersenyum dan terlihat ceria.

credit: Iva Asih
Sekian post ku tentang Cosmekita Launching Event. Sampai bertemu lagi di post selanjutnya ya :)



Ayo bergabung di Cosmekita


Thanks to:

Riyanti Teresa dan Iva Asih untuk fotonya <3

1 comment:

  1. waaaww keren-kerenn,,nyesel aku ga ikut :( gimana caranya blog kita bisa masuk cosmekita?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...