January 07, 2013

Mengenal Zat Kimia dalam Kosmetik

Pasti sudah banyak yang mengetahui zat-zat kimia berbahaya yang mungkin ada dalam produk kosmetik. Akan tetapi, terkadang masih ada kesulitan dalam mengenalinya ketika kita membaca komposisi yang tertera pada label produk. Jadi, penting bagi kita untuk mengetahui apa saja zat tersebut, nama lain zat itu, macam bentuk, bahaya dan guna zat tersebut.

Pertama...

Biasakanlah untuk selalu membaca komposisi dari setiap produk kosmetik yang kamu beli. Produsen yang baik akan menuliskan komposisi (ingredients) dengan huruf yang tidak terlalu kecil ataupun tidak terlalu rapat. Walau begitu, tetap saja ada yang menuliskannya dengan huruf yang kurang jelas. Yang bisa kita lakukan adalah berusaha untuk tetap membacanya, carilah tempat dengan pencahayaan yang cukup.

Produsen yang baik, menulis semuanya dengan jelas!


Kedua...

Ketahui maksud dari cara penulisan komposisi.
Walaupun dalam komposisi tidak tertera sebanyak apa zat tertentu dimasukkan, tetapi itu bisa kita reka-reka dengan melihat urutan zat tersebut dalam komposisi. Ada aturan yang mengharuskan penulisan komposisi haruslah berurut dari yang terbanyak hingga yang paling sedikit. Jadi, misalnya dan komposisi produk kosmetik ini:

Komposisi/Ingredients: Water - Cyclopentasiloxane - Isohexadecane - Isopropyl Palmitate - Pathenol - Poloxamer 184 - Dipotassium Phosphate - Potassium Phosphate - Green 6 - Sodium Chloride - Polyaminopropyl Biguanide
(Ingredients of Maybelline Makeup Remover Eye & Lip)

Nah, dari urutan penulisan seperti itu kita dapat mengambil kesimpulan bahwa kandungan air di dalam produk tersebut lebih tinggi ketimbang Cyclopentasiloxane (silikon) dan Pathenol (alkohol).

Ketiga...

Pelajari bermacam-maca bentuk zat kimia yang biasa ada dalam produk kosmetik. Berikut ini adalah beberapa produk kosmetik yang biasa ada dalam produk kosmetik:

1. PARABEN

Paraben bukanlah nama satu zat kimia melainkan nama kelompok suatu zat kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet. Paraben ini sangat murah, sehingga membuat beberapa produsen kosmetik tetap menggunakannya. Paraben biasanya digunakan untuk mengawetkan bahan-bahan alami dalam produk kosmetik.

Bentuk-bentuk paraben yang biasa kita temui dalam produk kosmetik antara lain:
- Methylparaben
-Propylparaben
-Ethylparaben
-Butylparaben

Methylparaben dalam bentuk naturalnya bisa ditemui di dalam buah blueberry, di mana paraben berguna sebagai antimicrobial.
Meski begitu, paraben menimbulkan beberapa masalah bagi kesehatan manusia, di antaranya adalah:

-Alergi. Bagi banyak orang, paraben tidaklah menimbulkan alergi. Tetapi untuk sebagian orang, paraben menimbulkan masalah pada kulit. Kulit menjadi iritasi dan bisa timbul dermatitis.

-Kanker payudara. Dalam kasus kanker payudara, sering ditemukan zat paraben dalam jumlah besar di jaringan kanker. Ini mengindikasikan bahwa paraben mungkin saja juga salah penyebab dari kanker payudara.

-Mengganggu hormon, terutama hormon estrogen. Dalam penilitian yang menggunakan hewan, hormon estrogen menurun drastis ketika hewan yang bersangkutan terpapar paraben setelah beberapa lama.

2. ALKOHOL

Alkohol biasa digunakan untuk mencampur atau mengencerkan senyawa kimia. Alkohol pun berguna sebagai pengawet, menggantikan paraben yang berbahaya bagi kesehatan. Alkohol atau alkanon memiliki beberapa bentuk, sehingga dalam penulisan komposisi suatu produk mungkin saja kita tidak menemukan alkohol di dalamnya tetapi bentuk lain dari alkohol. Dalam bahasa kimia, senyawa alkohol ditulis dengan akhiran -nol. Jadi, jika kamu menemukan suatu zat kimia berakhiran -nol sudah dapat dipastika itu adalah alkohol.

Bentuk alkohol yang biasa ditemukan dalam produk kosmetik adalah:
-Cetyl alcohol (emollient)
-Panthenol (emollient)
-Benzyl alcohol (emollient)
-Etanol

Bentuk alkohol yang dilabeli emollient adalah bentuk alkohol yang "ramah", dalam arti, ia tidak bertindak sebagai pengencer melainkan sebagai moisturizer. Sedangkan etanol, ia adalah jenis alkohol untuk mengencerkan, bagi beberapa orang ketika kulitnya terpapar etanol akan terasa panas. Ini salah satu masalah yang bisa ditimbulkan dari alkohol pengencer. Tidak heran, karena zat-zat ini bisa juga jadi bahan bakar kendaraan ramah lingkungan lho...

3. ACID

Acid, atau asam dalam Bahasa Indonesia. Ini adalah salah satu zat yang paling sering ditemukan dalam produk kosmetik. Berikut ini adalah beberapa bentuk acid yang sering kita temui:

- Stearic acid
 Gunanya adalah untuk membersihkan dan menciptakan tekstur yang greasy.
- Sorbic acid
Ini adalah antimicrobial agent.
- Citric acid
Untuk mengontrol pH dalam produk yang berbentuk krim atau gel.

4. SILICONE

Silikon adalah salah satu zat yang berguna untuk melindungi kulit dari terpaan sinar matahari. Ia juga membantu kulit atau rambut kita terasa tetap lembut. Zat silikon biasanya berakhiran -siloxane. Ada beberapa jenis silikon yang biasa kita temui dalam produk kosmetik.

- Cyclopentasiloxane 
The best one. Banyak produk kecantikan dan perawatan rambut yang menggunkan silikon jenis ini)



NOTE: 

1. Artikel ini akan selalu diperbarui dan diperbaiki, seiring dengan bertambahnya pengetahuan penulis. Hehehe.
. So, if you know something about this topic, please share them with me, I'd love to know :)




References:
And last, my own experiences ;)


14 comments:

  1. Replies
    1. Waah.. Makasih XD

      Iya, sama2... kalau ada masukkan, tolong kasih tau aku ya (^o^)/

      Delete
  2. wah, kelihatannya mengerikan sekali...ngga bisa membayangkan setiap wajah cantik terpupur bahan2 dan zat-zat ini. ada efek sampingnya jika dipakai selama bertahun2? ngga ada keinginan beralih ke kosmetika tradisional? ribet ya? atau kalo mau ekstrem, jangan pake kosmetika atau secukupnya saja. kecantikan sejati terpancar dari dalam, bukan dari luar. seperti parafrase psikoanalis terkenal itu: I see beauty outside I dream. I see beauty inside I awake.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya, yang aku tulis di atas ga semua berbahaya... Yang berbahaya itu paraben, selebihnya, tergantung jenis dan kondisi kulit. Untuk jenis alkohol, silikon dan asam, banyak juga ditemukan di dalam buah-buahan, sayuran dan mineral alami...

      Yah, sebenarnya, bagiku makeup itu bukan cm tentang memoles diri. Tapi ini bentuk ekspresiku, seperti memoles kanvas putih membosankan dengan warna-warna indah :)

      Delete
  3. info yang baik supaya konsumen lebih hati2 thd produk kosmetik mereka :) dapat informasi juga kadang produsen kosmetika sengaja ngga mencantumkan bahan/zat berbahaya ke dalam produk mereka. yang rugi jelas konsumen yang pake produk mereka dan produsen pasti berkelit dan menimpakan kesalahan pada konsumen, entah alergi, salah pemakaian, dsb.

    wow! kanvas dan warna. iya kanvas putih memang kadang membosankan. asyik ya main warna2. ada niat kembangkan hobi melukis barangkali? atau make-up artist? :D

    ReplyDelete
  4. Hey! I nominated you on Liebster Award! Check out my post and answers the questions ;)
    http://mikabening-makeup.blogspot.com/2013/01/liebster-award.html

    thankyou :*

    ReplyDelete
  5. Hayy hayy,,new follower nih, salam kenal yahh :)
    nice info nih,,mengenai paraben, kapan yaa produk kosmetik jadi free paraben semua? kalau produk luar sih ada, tapi produk indonesia masih jarang banget X)yang namanya pengawet pasti ada di mana-mana yah....

    visit my blog yaah :)
    http://dkwp.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal :D

      Sekarang mungkin agak sulit, karena paraben itu pengawet yang paling murah... Tapi sekrang di sini juga udah muncul beberapa produk yang ga pakai paraben...
      Walau ada paraben, biasanya aku pilih yang cm pakai 1 jenis paraben, dan urutan di komposisinya ada di bagian akhir, biasanya sebelum pewarna (yang kodenya CI itu lho)

      Delete
  6. hoalah infonya berguna nih ,soalnya aku baru tau berurutan untuk mengetahui kandungan mana yg banyak dan sedikit ^_^

    http://leeviahan.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya... Aku lupa pernah baca di mana... Kalau ga salah, majalah living green yang dikeluarin sama national geographic, waktu itu mereka bahas zat2 kimia dalam kosmetik, sabun, dan shampoo :)

      Delete
  7. Hai Fara :) Seneng banget nemu biuty blogger yang peduli lebih soal keamanan kosmetik, baik dekoratif maupun skincare. sebenernya ini masalah klasik yang dialami setiap produsen.. ga hanya produk kosmetik tapi juga makanan dsb. kita sebagai konsumen memang harus mau tidak mau membaca lebih banyak tentang produk yang dibeli..rajin mencari tau tentang efek komposisi bahan dalam produk kosmetik dan membandingkan tingkat keamanan jangka panjangnya.

    Salam kenal ya.. aku udah follow blog kamu:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Salam kenal juga ya~

      Iya, dulu pernah baca majalah Green Living dan artikel di sana selalu menghantuiku.. Hehe.. Yg agak susah dihindari itu paraben, terutama metylparaben. Karena murah jadi banyak yang pakai. Tapi bahaya paraben seperti apa juga masih diperdebatkan...

      Thanks ya udah follow^^

      Delete
  8. kalau yang paraben udah tau, sering banget beauty blogger bahas. yang lainnya info baruu. makaasi yaa, infonya bermanfaat banget. :")

    ReplyDelete
  9. lihat juga http://komposisiproduk.blogspot.com/2014/08/kandungan-dalam-mister-keren-6-gram.html

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...